Thursday, June 30, 2011

Olimo

Halte Olimo terletak antara Halte Glodok Dan Halte Mangga Besar dan dibangun di atas Kali Ciliwung yang memisahkan Jalan Gajah Mada dan Jalan Hayam Wuruk membentuk jembatan.

Halte ini berseberangan langsung dengan Hotel Mercury di Hayam Wuruk dan Apartemen Mediterania di Gajah Mada yang di depannya berdiri sebuah gedung kecil dengan ciri khas bermenara kincir angin Belanda yakni Gedung Holland Bakery.

Sekedar info bahwa dari Halte Stasiun Kota hingga Halte Harmoni terbentang dua jalan yang sejajar dan hanya dipisahkan oleh Kali Ciliwung yakni Jalan Gajah Mada dan Jalan Hayam Wuruk.

Di samping Hotel Mercury terletak Gedung Harian Koran Warta Kota dan terus ke selatan Gedung Dwiyana tepat di pertigaan yakni pertigaan Hayam Wuruk dengan Jalan Mangga Besar Raya.

Di pertigaan ini terdapat pangkalan bemo dengan rute dari sepanjang ruas Mangga Besar Raya yakni antara Olimo Jalan Gunung Sahari.

Di samping Apartemen Mediterania terdapat SMU 2 Jakarta dan sedikit ke arah utara lagi terdapat Gedung Bank BII yang berseberangan dengan food court yang menempel dengan Hotel Jayakarta.

Hotel Jayakarta sendiri sebenarnya sudah menghadap ke Jalan Labu sebuah Jalan Kecil yang memisahkan Hotel Jayakarta dengan Gedung LTC Glodok yang berarti tempat tersebut sudah lebih mendekati Halte Glodok.

Jalan Labu membentuk pertigaan dengan Hayam Wuruk dan memisahkan Hotel Jayakarta dan LTC Glodok. Di Jalan Labu selain terdapat Hotel Labu Indah terdapat juga aneka restaurant mulai dari masakan Padang, Masakan Thailand hingga Masakan China. Di mana Jalan Labu ini sendiri bersilangan dengan Jalan Mangga Besar 1 yang terkenal sebagai pusat jajanan makanan.

Aneka jajanan makanan ini sebenarnya dimulai dari pertigaan Hayam Wuruk Mangga Besar Raya sampai ke kawasan Lokasari, Ruas Mangga Besar 1 yang bertemu kembali dengan Jalan Labu. Semua tempat tempat tersebut bisa dijangkau dengan jalan kaki dari Halte Olimo.

Jalan Raya Mangga Besar mentok di Jalan Gunung Sahari setelah melewati tempat yang cukup dikenal seperti Lokasari, Rumah Sakit dan Rumah Duka Husada, Hotel Astika, Stasiun Kereta Api Mangga Besar dan masih banyak lagi.

1 comment:

  1. kalo dari koridor Olimo mau ke ancol gimana ya caranya?

    makasih :)

    ReplyDelete