Thursday, June 30, 2011

Stasiun Kota

Stasiun Kota adalah pemberhentian terakhir koridor 1 dari arah Blok M. Halte ini berada dalam bagian kawasan yang dikenal sebagai Kota Tua atau Oud Batavia.
Berseberangan langsung dengan Stasiun Kereta Api Beos dan Gedung Museum Bank Mandiri.

Lokasi halte ini berada di kawasan yang sangat ramai oleh pengendara dan juga pejalan laki sehingga terpaksa dibuatkan terowongan khusus bagi pejalan kaki yang dibuat dibawah halte ini.

Hasil pemugaran Kota Tua yang semakin ramai dikunjungi sebagai tempat bermain yang murah dan merakyat cukup berperan menambah arus penumpang busway tujuan Stasiun Kota ini. Sehingga bertambah ramailah kawasan ini yang cukup strategis karena diapit oleh pusat perbelanjaan yang cukup ramai yakni Mangga Dua, Glodok dan Asemka.

Selain sebagai tempat transit para penumpang kereta api Stasiun Beos, Halte busway Stasiun Kota juga tempat transit tujuan lain dengan angkutan umum ke arah Tanjung Priok, Kartini Pasar Baru, Mangga Dua, Jembatan Lima, Bandengan, Pelabuhan Sunda Kelapa dan lain lain

Bagi yang belum paham benar wisata Kota Tua saya menjelaskan secara singkat objek apa saja yang sebenarnya ada di Kawasan Kota Tua ini.

Bagian utama Kota Tua adalah berupa museum yang disebut Fatahillah dengan halaman berubin yang cukup luas yang pada hari hari libur sangat padat oleh para penjual yang tentunya target pasarnya adalah masyarakat menengah ke bawah.

Disediakan pula tempat tempat duduk ala kadarnya di setiap sudut halamannya sebagai tempat melepas penat bagi pengunjung yang kelelahan berjalan keliling "kota kecil" ini.

Memasuki Museum Fatahillah dengan harga tiket masih di bawah goceng (red Rp 5.000), pengunjung akan dibawa ke sejarah masa lalu Jakarta mulai dari masa kejayaan kerajaan kerajaan di Indonesia.

Dari museum inilah jelas dipaparkan tentang sejarah Jakarta yang dulunya adalah berada di kawasan yang oleh masyarakat Jakarta zaman sekarang tidak terlalu mengetahuinya yakni Kota Tua ini sendiri.

Selain Museum Fatahillah di dalam kawasan ini pula terdapat bangunan lain yang cukup bersejarah sebagai saksi sejarah Jakarta dalam satu kesatuan Kota Batavia sesuai dengan fasilitas umum yang ada di dalam kota tersebut sesuai dengan kebutuhan penghuninya pada masanya.

No comments:

Post a Comment