Monday, June 24, 2013

JP 01 Stasiun Kota - Pasar Baru.

Angkot JP 01 sering disebut oleh masyarakat sebagai Angkot Kartini karena angkot ini melewati Jalan Kartini Raya sebelum tiba di Pasar Baru. Di atas jam sebelas malam angkot ini sudah tidak beroperasi.

Pangkalan angkot ini berada di pertemuan Jalan Pinangsia Raya dengan Jalan Mangga Dua Raya, sebuah pertigaan yang berseberangan langsung dengan pintu selatan Stasiun Kota Beos.

Dari pangkalan tersebut angkot ini menyusuri Jalan Pinangsia Raya dan mengambil arah kiri sebelum pintu utara Kompleks Perbelanjaan Glodok.

Setelah itu angkot akan akan belok kanan menyusuri Jalan Mangga Besar I, namun sebelum sampai di depan Gedung Gereja Yesus Kristus angkot belok kiri kembali masuk ke Jalan Buni di mana Jalan Buni tersebut berakhir di Pasar Tangki yang tak lain adalah pertigaan antara Jalan Buni dengan Jalan Mangga Besar III. Penumpang yang akan ke Pasar Tangki tinggal menyeberang kali lewat jembatan.

Dari pertigaan Pasar Tangki angkot akan mengambil arah kanan yakni melewati Jalan Mangga Besar III di mana setelah melewati ruas jalan ini angkot akan menemui pertigaan dengan Jalan Mangga Besar Raya.

Dari pertigaan tersebut angkot JP01 akan belok kiri yakni mengambil arah Pintu Air Jalan Gunung Sahari.

Adapun tempat tempat yang dilewati sebelum Pintu Air di Jalan Gunung Sahari adalah : Taman Hiburan Lokasari, Apotik Roxy, Hotel Astika, Stasiun Kereta Api Mangga Besar, Gedung Asuransi Artha Graha, Rumah Sakit Husada, Pertigaan dengan Jalan Jayakarta, Jembatan dan Pintu Air.

Rute angkot sempat bersinggungan dengan Jalan Gunung Sahari Raya namun di persimpangan jalan depan Gedung Swis Belhotel ini, angkot masuk ke Jalan Kartini Raya menyusuri sisi barat kali.

Di beberapa titik di ruas yang sejajar dengan Jalan Gunung Sahari Raya ini terdapat tempat turun di ujung ujung jembatan yang memudahkan penumpang yang akan ke Jalan Gunung Sahari menyeberangi kali lewat jembatan tersebut.

Pada ruas ini juga terdapat deretan pusat penjualan ikan hias di bantaran kali kira kira satu kilometer panjangnya sebelum angkot belok kanan memasuki rute satu arah di Jalan Lautze dan Jalan Pintu Besi yang berujung di pertigaan dengan Jalan KH Samanhudi. Di seberang dari titik inilah terdapat pintu masuk ke Pasar Baroe.

Angkot akan terus belok kiri melewati Jalan KH Samanhudi hingga di perempatan Hotel Golden angkot akan belok kiri masuk ke Jalan Kartini Raya di mana pada tempat ini adalah pangkalan angkot ini. Dari titik inilah angkot ke arah Kota akan menyusuri Jalan Kartini Raya dan ketemu kembali dengan pertigaan dengan Jalan Lautze di mana angkot masuk kembali ke ruas dua arah.

No comments:

Post a Comment