Wednesday, February 20, 2013

Halte Kali Besar Barat

Halte Kali Besar Barat adalah halte satu arah yaitu halte yang hanya dilewati oleh armada busway Koridor 12 yang datang dari Sunter ke arah Pluit. Tepatnya berada di antara Halte Stasiun Kota dengan Halte Bandengan Pekojan.

Halte ini berada di sisi Jalan Kali Besar Barat yang merupakan bagian dari Kompleks Wisata Kota Tua Batavia. Jalan Kali Besar Barat sendiri adalah jalan yang berada di sisi kiri Kali Besar, sebuah kali yang melintasi Kota Tua yang merupakan jalur perdagangan di masa penjajahan Belanda di mana kapal kapal tidak hanya berlabuh di pelabuhan Sunda Kelapa tetapi bisa melintasi pusat perdagangan yang sekarang kita sebut Kota Tua.

Dengan adanya Halte Kali Besar Barat ini maka pengunjung Kota Tua Batavia cukup dimudahkan karena tepat di tangga turun dari halte ini terdapat Toko Merah di seberang jalan sedangkan Museum Fatahillah, Museum Wayang dan Museum Keramik berada di seberang timur Kali Besar.

Pada ruas jalan ini juga yakni di ujung dekat Hotel Batavia terdapat Jembatan Kota Intan yang merupakan gerbang tutup buka kapal untuk masuk ke Kali Besar tetapi saat ini gerbang tersebut tidak pernah dibuka lagi namun sudah menjadi objek wisata.

Info tambahan bahwa selain Halte Kali Besar Barat terdapat pula Halte Museum Fatahillah di dalam Kompleks Kota Tua yang juga merupakan Halte Koridor 12 namun berlawanan arah dengan Halte Kali Besar.

No comments:

Post a Comment